Belajar Cara Pengontrolan Banjir dari Negara lain

Berikut kami membahas salah satu sistem penahan Banjir yang di lakukan di Belanda. Sistem ini bernama sistem Polder.

Sistem Polder Di Rotterdam, Belanda

Deskripsi Lokasi

Kota Rotterdam merupakan kota terbesar di Belanda setelah Amsterdam, dengan surface (luas): 33.700 ha, inhabitants (jumlah penduduk): 730.000, municipalities (wilayah administrasi): 15, companies (perusahaan): 18.000, deepest point below sea level (elevasi darat terendah dari muka laut): -7 m NAP. Wilayah ini ada di tepi Sungai Rhine yang merupakan sungai besar lintas negara dimana hulunya melintas negara Swiss dan Jerman.

Elevasi muka tanah di Rotterdam jauh ada di bawah muka air laut (Sungai Rhine). Muka air Sungai Rhine dikendalikan +2,2 SWL (Sea Water Level). Elevasi darat terendah mencapai -7 m SWL, sehingga selisih muka air laut dan darat 9,2 m. Air yang ada dalam polder area tidak dapat mengalir secara gravitasi, bahkan pada saat kondisi air laut surut. Untuk itu metode pembuangan air digunakan pompa saat ini. Pada masa lalu metode untuk membuang air dari darat ke sungai/laut menggunakan kincir angin.

Tanggul yang ada di Sungai Rhine direncanakan untuk ketinggian air maksimal +2,2 m. Padahal elevasi muka air laut dapat melebihi itu, untuk itu dibuat dua pintu gerak besar. Yang pertama ada di dekat muara sungai Pintu tersebut bergerak secara horizontal. Pintu berikutnya untuk menjaga keamanan dan mengendalikan elevasi air, dibuat pintu gerak sebagaimana dalam gambar 5. Pintu ini bergerak secara vertikal. Agar kapal juga dapat lewat saat pintu di tutup, maka pintu gerak ini dilengkapi dengan saluran pintu air.

Gambar 5 Pintu Gerak Air  Dekat Pusat Kota  Digunakan untuk Menahan Kenaikan Air Laut

Gambar 6 Sebelum Pompa, Upaya Mengendalikan Elevasi Air Dengan Kincir Angin

Untuk membuang air dari area polder ke sungai atau laut digunakan pompa dan kincir angin. Pada masa lalu digunakan kincir air (gambar 6). Saat ini untuk membuang air dari sistem polder ke sungai atau laut digunakan pompa. Statiun pompa umumnya mengendalikan hanya satu elevasi air, tetapi ada juga yang dapat sekaligus mengendalikan 2 (dua) elevasi air dari 2 sistem polder (gambar 7).

Gambar 7 Station Pompa yang Mengendalikan 2 Elevasi Catchment Area yang Berbeda

 

Sistem pengontrol Banjir Negara lain

  • Amerika

Beberapa contoh pengendalian banjir dapat ditemukan di provinsi Manitoba, Canada. ‘Red River’ mengalir dari Amerika Serikat, melewati kota Winnipeg dan ke danau Winnipeg. Saat temperaturnya meningkat, salju-salju mencair dan menambah tinggi sungai. Ini dapat menyebabkan banjir yang parah. Untuk melindungi kota, pemerintah Manitoba membangun banyak system diversi air, tanggul, dan jalur banjir. Sistem ini berhasil melindungi Winnipeg dari banjir besar yang menghancurkan beberapa kota disekitarnya,yaitu Grand Forks, North Dakota, dan Ste. Agathe, Manitoba.

  • China

Di China, banjir dialihkan ke daerah pedesaan yang sengaja dilakukan untuk melindungi kota-kota besar.

  • Eropa

London dilindungi dari banjir melalui pelindung mekanik sepanjang Sungai Thames, yang dapat naik saat tingkat air menaik lebih dari yang ditentukan.

Venice memiliki system yang hampir sama, walaupun tidak dapat menahan ombak yang terlalu tinggi. Namun system di Venice dan London tidak akan berguna bila tinggi air laut terus naik.

Pertahanan banjir terbesar dan paling efektif dapat ditemukan di Netherlands, dimana system ini disebut sebagai ‘Delta Works’ dengan dam ‘Oosterschelde’ sebagai pencapaian tertingginya.

 

 

 

 

 

 

 

Disunting dari sumber :

en.wikipedia.org/wiki/Flood_control

Categories: Studi Pustaka | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: