Saran Kami

Segala hal penanganan banjir yang sudah dibicarakan sebelumnya tidak akan mungkin dapat terlaksana dengan baik jika pemerintah tidak mendukung dalam mewujudkan solusi-solusi tersebut. Pemerintah dapat mendukung melalui banyak hal. Salah satu dukungan yaitu dengan memberikan kemudahan dalam perizinan membangun drainase. Pemerintah juga dapat mendukung denganmembantu membebaskan lahan yang akan dipakai dalam prosespembangunan drainase dan aliran air sehingga tidak ada kendala berarti pada proses pembangunan drainase dan aliran air.

Pemerintah dapat membantu pengadaan daerah drainase dan aliran air dengan mempertahankan dan merawat situ dan daerah aliran sungai (DAS) yang sudah ada. Pemerintah dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dan kesadaran para pengusaha tentang  pentingnya pencegahan banjir dengan memberikan penyuluhan dan sosialisasi peraturan mengenai solusi penanganan banjir dengan baik. Pemerintah dapat mendukung dengan menggalakkan penghijauan di setiap lahan hijau terbuka milik pemerintah maupun bukan. Pemerintah juga dapat mendukung solusi penanganan banjir dengan menambah sarana dan prasarana pembuangan sampah serta memperbanyak tempat sampah di tempat umum,  armada pengolahan sampah di tempat pembuangan sampah akhir dan tentunya dengan armada pengangkutan sampah dari tempat rawan banjir menuju tempat pembuangan sampah akhir.

Pemerintah dapat juga mendukung dengan penanaman pohon di setiap lahan kosong milik pemerintah, misalnya tanah hasil sitaan, lahan bekas stasiun pengisian bahan bakar umum, dan taman kota, bukan menjadikan lahan-lahan tersebut sebagai bangunan ataupun jalan. Pemerintah juga harus dengan tegas menindak lanjuti orang-orang yang tidak bertanggung jawab seperti pembuangan sampah sembarangan, membangun rumah atau perumahan  tanpa drainase memadai, penebangan liar, dan sebagainya. Jika pemerintah mampu melakukan hal-hal tersebut, otomatis permasalahan banjir bukan hal yang susah untuk ditangani. Solusi penanganan banjir dapat terlaksana dengan baik dengan adanya kesadaran masyarakat tentang masalah banjir.  Dengan membuang sampah pada tempatnya, membuat tempat drainase di pekarangan rumah, menanam pohon di pekarangan rumah, secara rutin mengangkat lumpur dari aliran air di sekeliling rumah  dan  tidak selalu menyalahkan pemerintah merupakan beberapa aspek yang perlu di tanamkan pada setiap masyarakat.

Dengan adanya pembentukan pola pikir yang baik pada masyarakat, masyarakat akan mampu bekerja sama dengan baik dengan pemerintah dalam menangani masalah banjir yang ada di Indonesia. Dengan adanya arus informasi yang baik di dalam masyarakat melalui internet, diharapkan masyarakat dapat membuat biopori sederhana di halaman rumah masing-masing untuk membuat titik drainase di setiap rumah. Masyarakat juga dapat membantu mengurangi masalah banjir dengan melakukan 3R (reduce, reuse, recycle). Dengan memakai prinsip 3R, masyarakat dapat mengurangi sampah yang dibuang. Berkurangnya sampah yang dibuang, artinya mengurangi sampah yang menimbun daerah aliran sungai maupun daerah resapan. Masyarakat dapat membantu mengurangi banjir jika ikut mengurangi sampah plastik yaitu dengan memakai tas sendiri ketika berbelanja. Besarnya kesadaran masyarakat dalam menangani banjir dapat membantu dukungan pemerintah dalam mengurangi dan menghapus masalah banjir di Indonesia.

Categories: Saran | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: